(kumparan) Kini Warga Yogyakarta Bisa Bayar Musisi Jalanan dengan Scan Kode QR

Tugu Jogja
17 Oktober 2019 19:36

Peluncuran kode QR oleh GoPay dan Institut Musik Jalanan (IMJ) di Yogyakarta, Kamis (17/10/2019). Foto: Kevin Topan.

Teknologi rupanya benar-benar merambah ke bidang ekonomi. Tak hanya sekadar melakukan transaksi belanja secara online saja, kini warga Yogyakarta bisa membayar musisi jalanan dengan melakukan scan kode QR. Ide ini diinisiasi oleh GoPay dan Institut Musik Jalanan (IMJ) untuk sejumlah daerah di Indonesia.

“Kami ingin agar para musisi jalanan tidak hanya makin mudah terima apresiasi dari masyarakat, tapi juga punya akses pada layanan keuangan yang formal,” ujar Senior Manager Consumer PR GoPay, Deviani Wulandari, saat peluncuran kode QR pada musisi jalanan Yogyakarta, Kamis (17/10/2019).

Sebelum di Yogyakarta, program ini telah diterapkan pada ratusan musisi jalanan di Jakarta dan Semarang. 100 musisi jalanan di Yogyakarta berkesempatan mendapatkan kode QR ini. Program ini tak hanya sekadar untuk menerima pembayaran saja, tetapi juga ada sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para musisi jalanan. Misalnya saja merencanakan keuangan, menabung, dan mencatat transaksi keuangan.

“Yogyakarta dipilih karena kami lihat banyak potensi talenta musik dan kebudayaan lokal, yang sekarang ini sudah banyak musisi jalanan berbakat. Misalnya pemain angklung yang sering bermain dan jadi budaya angkringan khas Yogyakarta,” kata Deviani.

Andi Malewa saat memberikan kode QR kepada salah satu musisi jalanan Kota Yogyakarta, Kamis (17/10/2019). Foto: Kevin Topan.

Program ini pun disambut baik oleh Andi Malewa, pendiri Institut Musik Jalanan. Rupanya tak sembarang musisi jalanan yang bisa mendapatkan kode QR GoPay. Para musisi jalanan harus lebih dulu lulus program standarisasi IMJ seperti persyaratan kesehatan dan menunjukkan surat berkelakuan baik.

Menurutnya, dengan hadirnya program ini, masyarakat bisa lebih mudah untuk memberikan apresiasi pada musisi jalanan. Di samping itu, program ini juga akan mempermudah para musisi jalanan untuk mencari nafkah dan meningkatkan motivasi untuk terus berkarya.

“Dengan adanya aplikasi ini masyarakat yang ingin memberikan apresiasi kepada musisi jalanan bisa menggunakan kode QR yang berada di aplikasi baik itu secara langsung di lokasi ataupun dirumah, dikarenakan para musisi jalanan tidak juga harus ngamen di jalanan tapi juga bisa di dalam kamar, live di Instagram dan media sosial lainnya,” ujar Andi Malewa.


Source: kumparan.com

Leave a Reply