(medcom.id) Institut Musik Jalanan Gelar Konser Perdana di M Bloc

Konser perdana Institut Musik Jalanan di M Bloc Livespace (Foto: Dok. Institut Musik Jalanan)

Dhaifurrakhman Abas • 18 Desember 2019 11:43

Jakarta: Institut Musik Jalanan (IMJ) menggelar konser musik perdana di M Bloc Live house, Jakarta Selata, pada Senin 16 Desember 2019. Bertajuk Kalahkan Hari Ini, konser tersebut digelar untuk mengekespresikan kebolehan seniman jalanan dalam bermusik.

“Malam ini kami ingin memberikan sebuah persembahan bagi teman-teman yang selama ini telah mendukung perjalanan Institut Musik Jalanan,” kata pendiri IMJ, Andi Malewa, dalam sambutannya yang diterima Medcom.id, Rabu 18 Desember 2019.

Andi menyebut, program pentas ekspresi seniman jalanan yang dibentuk bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini sudah berjalan hampir 3 tahun. Tak pelak, jalannya konser dan kemampuan IMJ bermusik terlihat makin profesional.

“Tentu kemampuan bermusik teman-teman pengamen ini semakin membaik dan malam ini adalah bukti bahwa karya-karya mereka juga tidak kalah dengan musisi lainnya,” sambung Andi.

Konser Kalahkan Hari Ini diisi oleh penampil yang juga berasal dari dalam dan luar ibukota. Terhitunh ada tiga penampil yang berasal dari IMJ Yogyakarta yaitu Fade, Develop dan Uyau Moris. Sementara dari Bogor turut melibatkan penampilan apik dari Kibar Band.

Tak mau kalah, penampilan band asal Ibu Kota, Sinyo dan Koste Band dihadirkan sebagai penampil terakhir yang menutup gelaran konser dengan memukau. Mereka merupakan kelompok musik tunanetra yang berasal dari Jakarta.

Yang menarik dari konser ini adalah, setiap penampil bisa mendapatkan apresiasi secara non tunai dengan QR Code GoPay mereka yang ditampilkan di layar panggung. Teknologi ini juga merupakan terobosan terbaru dari IMJ dimana para pemilik QR Code ini juga dapat mengamen secara online di sosial medianya masing-masing dan bisa mendapatkan apresiasi langsung dari para viewersnya.

Konser musik tersebut turut dihadiri musisi Glenn Fredly selaku mentor di IMJ. Dia menuturkan rasa bangga atas perkembangan IMJ yang pesat yang diikuti dengan inovasi dalam revolusi industri musik.

“Bangga sekali rasanya saya melihat perkembangan IMJ sampai hari ini, sebuah revolusi besar industri musik yaitu teknologi QR Code yang dijalankan oleh IMJ bersama GoPay dapat mengubah banyak hal terutama tentang kesejahteraan para musisi, yang sangat luar biasa bagi saya, terobosan besar ini justru dimulai dari jalanan” tandasnya.

(ASA)


Source: medcom.id

Leave a Reply